Hasil Lengkap Pertandingan dan Klasemen Piala AFF [Suzuki Cup] 2012

Piala AFF 2012Delapan Tim Nasional Sepak Bola Negara Negara Asia Tenggara bertarung untuk mengukuhkan diri sebagai Tim terbaik di Asia Tenggara. Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand, Philippine, Myanmar, Vietnam dan Laos yang terbagi menjadi dua Group bertemu dalam ajang pertandingan Sepak Bola paling bergengsi di Asia Tenggara Piala AFF Suzuki Cup 2012.

AFF Suzuki Cup 2012 diselenggarakan mulai 24 November – 22 Desember 2012 di dua Negara berbeda yaitu Malaysia dan Thailand.

Berikut adalah Hasil Lengkap Pertandingan AFF Suzuki Cup 2012

Babak Penyisihan

Group A

JADWAL COUNTRY vs COUNTRY RESULT
24 Nov Vietnam vs Myanmar 1-1
24 Nov Thailand vs Philippines 2-1
27 Nov Vietnam vs Philippines 0-1
27 Nov Thailand vs Myanmar 4-0
30 Nov Philippines vs Myanmar 2-0
30 Nov Thailand vs Vietnam 3-1

Catatan:

  • Thailand sukses melibas Myanmar 4 goal tanpa balas di pertandingan kedua babak penyisihan group Piala AFF Suzuki Cup 2012. Sebelumnya ketika melawan Philippine, Thailand juga menang 2-1. Sejauh ini gawang Thailand hanya sekali saja kebobolan. Hasil tersebut membuat Thailand bertengger di puncak Klasemen Group A dengan point 6 di ikuti Philippine dengan 3 point berada di posisi ke 2. Sementara Vietnam dan Myanmar masing mengoleksi 1 point dan berada pada posisi buncit klasemen sementara group A.
  • Thailand dan Philippine berhasil melaju ke Semifinal AFF Cup 2012

Group B

JADWAL COUNTRY vs COUNTRY RESULT
25 Nov Indonesia vs Laos 2-2
25 Nov Singapore vs Malaysia 3-0
28 Nov Indonesia vs Singapore 1-0
28 Nov Malaysia vs Laos 4-1
01 Dec Indonesia vs Malaysia 0-2
01 Dec Singapore vs Laos 4-2

Catatan:

  • Laga perdana penyisihan Group B benar benar membuat Shock. Indonesia yang merupakan salah satu unggulan juara justru terpuruk dan hanya mampu menahan imbang Laos.
  • Sementara itu laga antara Malaysia dengan Singapore juga tak kalah mengejutkan. Malaysia yang merupakan tuan rumah dan sekaligus juara bertahan di paksa menyerah 3-0 atas Singapore.
  • Indonesia berhasil selamat dari keterpurukan setelah berhasil melibas Singapore 1-0 lewat gol indah Andik Vermansyah. Kemenangan tersebut juga membawa Indonesia memuncaki papan klasemen dengan total 4 point.
  • Meski dibabak pertama pertandingan Malaysia terlihat agak ketir menghadapi Laos dengan posisi 1-1, namun pemain Arema Indonesia Safee Sali berhasil menyulut kembali bara api semangat pemain Malaysia setelah dia sukses menjebol gawang Laos pada menit ke 66. Dua gol lainnya dari kubu Malaysia yang dihasilkan oleh Wan Zack Wan Noer pada menit 75 dan Khyril Muhymin Zambri pada menit 79. Kemenangan 4-1 atas Laos mengangkat posisi Malaysia dari posisi bontot ke posisi 3 papan Klasemen Sementara Group B diikuti oleh Laos dengan hanya 1 point.
  • Sebuah insiden perlakuan tidak menyenangkan terhadap supporter Indonesia terjadi di Malaysia pada saat laga Indonesia vs Singapore. Menurut Kabar, Ketua KNPI Cabang Malaysia mengalami pemukulan dan pengusiran oleh supporter Malaysia di Stadiun Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

    Berikut pendapat Menpora Andi Malarangeng mengenai hal tersebut: “Saya dapat informasi semalam, ada suporter kita yang mendapatkan kekerasan, tapi saya belum cek bagaimana. Tapi yang jelas kita harapkan pihak-pihak berwenang dalam keamanan di Malaysia melindungi suporter-suporter Indonesia, terutama nanti melawan Malaysia. Pasti penonton kita banyak, penonton Malaysia juga banyak, dan pertandingan itu selalu ricuh. Harapan kita semua adalah semangat persaudaraan.

    “Piala AFF ini kan semangat persaudaraan. Dan karena itu kita harapkan dilakukan pengaturan yg baik. Kemudian karena tempatnya di Malaysia tentu yang berwenang adalah pihak dari keamanan Malaysia sendiri yang melindungi suporter kita. Kalau ada yg mendapat perlakuan melanggar hukum, tentu harus diusut secara hukum.” Source: Detik Sport

  • Andik Vermansyah yang merupakan pencetak gol satu satunya pada saat laga menghadapi Singapore yakin Indonesia bisa memenangkan Piala AFF 2012. Gol yang di cetak Andik Vermansyah kemaren dia persembahkan buat Orang orang Indonesia yang dinilai membenci “Timnas” yang saat ini sedang berlaga di AFF Suzuki Cup.
  • Garuda takluk di tangan sang Macan. Indonesia harus angkat koper dari AFF Cup 2012 setelah di libas oleh Malaysia 2-0.
  • Laos yang secara mengejutkan berhasil mengungguli Singapore 2-0 dibabak pertama juga terpaksa harus angkat koper setelah dibabak kedua di terkam oleh Singapore dengan skor 4-2.
  • Malaysia dan Singapore melaju ke Semifinal AFF Cup 2012

Hasil Klasemen Sementara

Group A Point   Group B Point
Thailand 9   Singapore 6
Philippine 6   Malaysia 6
Vietnam 1   Indonesia 4
Myanmar 1   Laos 1

Semifinal

JADWAL COUNTRY vs COUNTRY RESULT
08 Dec Philippine vs Singapore  0-0
09 Dec Thailand vs Malaysia  1-1
12 Dec Singapore vs Philippine  1-0
13 Dec Malaysia vs Thailand  0-2
         
         

Catatan:

  • Leg 1 Philippine Vs Singapore berakhir imbang dengan skor 0-0. Singapore yang bermain lebih solid tetap tak mampu mengungguli Azkal Philippine.
  • Thailand vs Malaysia Leg 1 yang berlangsung di Kuala Lumpur memberikan skor imbang 1-1. Meskipun bermain di depan publik sendiri, Malaysia tidak bisa tampil sebaik ketika menghadapi Timnas Indonesia. Hasil imbang melawan Thailand tentunya masih meninggalkan beban bagi Malaysia yang harus bisa mencuri skor pada Leg 2 yang akan berlangsung di Thailand.
  • Pertandingan Leg 2 Singapore vs Philippine berhasil menghantarkan Singapore menuju Final Piala AFF 2012 setelah mengalahkan Philippine 1-0.
  • Leg 2 Malaysia vs Thailand menjadi pertandingan paling krusial sepanjang perhelatan Piala AFF [Suzuki Cup] 2012. Malaysia yang merupakan juara bertahan tak kuasa menghadapi gempuran Thailand yang memiliki semangat juang tinggi dihadapan puluhan ribu pendukung mereka. Bahkan menjelang akhir pertandingan babak 1 Malaysia dipaksa bermain dengan hanya 10 pemain setelah salah seorang gelandang Malaysia dikenai kartu merah. Dengan hanya 10 pemain, Malaysia tampil jauh lebih buruk pada babak kedua sehingga Thailand bisa dengan sangat mudah membobol gawang Malaysia. Hingga menit 70, Thailand unggul 2-0 atas Malaysia.
  • Akhirnya Thailand berhasil mempecundangi Malaysia dengan skor telak 2-0 dan melaju ke Babak Final untuk menantang Singapore untuk bertarung menjadi juara Piala AFF 2012.

Final

19 December 2012: Singapore vs Thailand

  • Babak pertama pertandingan antara dua Finalis AFF Cup 2012 Singapore vs Thailand berakhir dengan kemenangan Singapore 1-0 lewat tendangan penalty.
  • Babak kedua, Thailand lebih agresif menyerang hingga pada menit ke 49 dia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.
  • Kedudukan 1-1 ternyata tidak berlangsung lama karena Singapore kembali membobol gawang Thailand dan membawa Skuad Singa unggul 2-1 atas Thailand.
  • Akhirnya diluar dugaan Singapore berhasil mengalahkan Thailand 3-1 pada laga Leg 1 Final AFF Cup 2012.
About these ads

One comment on “Hasil Lengkap Pertandingan dan Klasemen Piala AFF [Suzuki Cup] 2012

PEDOMAN KOMENTAR: Silahkan Masuk Menggunakan Akun WP, Facebook atau Twitter anda Untuk Bisa Turut Berkomentar. Mari bangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina, SARA dan Spam, berikan Jempol Bawah, sebagai tanda "TIDAK SUKA" dan untuk Komentar yang baik berikan Jempol Atas sebagai tanda “SUKA”.

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s