CARA MENGETAHUI DAFTAR RANKING HARIAN BLOG DI WORDPRESS

Menjawab pertanyaan seorang teman,

“Bagaimana cara mengetahui daftar ranking Blog harian di wordpress?”

Teman yang satu ini pura pura tidak tau atau benar benar belum tau. Soalnya Blog-nya dia masuk Top 100 di urutan #6 selama lebih dari satu minggu.πŸ™‚

Anyway, cuma mau sharing aja buat yang belum tahu. Karena Blog saya sendiri hanya bisa mentok di #75. hehehe.πŸ™‚ tetapi beberapa kali juga nongol di Nomer 1.

WordPress memiliki layanan pe-rankingan blog berbasis harian. Namanya Blog of The Day.

Blog of the day ini terdiri atas tiga kategori:

  • Top Blog
  • Top Post
  • Growing Blog

Blog yang masuk ke dalam daftar hanya 100 blog saja. Menurut BOTD pengklasifikasian di lakukan menggunakan formula khusus yang tingkat akurasinya sangat tinggi dan kemungkinan besar di dasarkan pada tingkat traffic masing masing Blog dalam basis harian. Berhubung penilaian ini menggunakan formula khusus, maka perubahan pun bisa terjadi kapan saja secara otomatis. Contohnya: 2 jam yang lalu blog saya ada di # 20 Top Blog, tetapi beberapa menit yang lalu posisinya naik ke #15. Sedangkan untuk kategory Top Post, 2 jam lalu salah satu isi/artikel Blog ini ada di #80, eeh beberapa menit kemudian sudah di tendang dari daftar. heheheπŸ™‚.

Jadi perubahannya memang benar benar otomatis sesuai traffic dan tingkat aktifitas pengunjung di Blog,(Mungkin).

Sebelum melakukan pengecekan, hendaknya kita memberi filter dulu sesuai dengan bahasa Blog kita pada waktu registrasi. karena penilaian ini juga di lakukan untuk semua Blog yang ada di wordpress dalam semua bahasa yang ada.

Lihatlah daftar Top Blog of the Day di sini.Β Β Β  BOTD

Selain BOTD, wordpress juga memiliki WordPress Top Site. WP Top Site ini juga memberikan ranking berbasis harian kepada semua blog wordpress. Penghitungannya adalah berdasarkan jumlah Unique Visitor.

WPTOPSITE hanya akan menampilkan 10 daftar blog dengan traffic tertinggi. Tetapi kalau kita memasang rank widget WPTOPSITE kita bisa langsung melihat rank harian blog kita walaupun seandainya masih pada ranking di bawah 100.

Untuk Teman teman yang ingin mengetahui perkembangan Blog WordPress kalian, tinggal di submit saja ke WPTOPSITE.COM untuk di indeks dan di berikan ranking berdasarkan Unique Visitor per hari.

Caranya:

  • Masuk ke WPTOPSITE.COM
  • Join
  • Masukkan Email dan alamat url Blog
  • Submit
  • Check email untuk verifikasi-Selesai

Nah, keuntungan dari mengikuti perkembangan Blog Blog yang terdaftar di BOTD atau WPTOPSITE ini antara lain:

  • Kita bisa mengetahui trending topic yang paling banyak di baca oleh orang orang yang berkunjung ke wordpress.
  • Blog yang masuk ke dalam daftar daftar tersebut pastinya Traffic-nya bagus. Dengan meninggalkan Komentar atau mengikuti (Follow) atau sekedar suka pada blog blog tersebut otomatis akan membantu meningkatkan traffic ke blog kita karena kalau kita meninggalkan sesuatu di tempat yang ramai otomatis beberapa dari orang di keramean tersebut akan memperhatikan kita dan akan berkunjung ke blog kita.
  • Satu komentar saja di blog orang juga bisa menambahkan Backlink ke blog kita yang nantinya akan sangat membantu perbaikan ranking dan reputasi blog yang kita kelola.

Selamat mencoba, Semoga bermanfaat. Budayakan berbagi dengan orang lain.

6 thoughts on “CARA MENGETAHUI DAFTAR RANKING HARIAN BLOG DI WORDPRESS

PEDOMAN KOMENTAR: Silahkan Masuk Menggunakan Akun WP, Facebook atau Twitter anda Untuk Bisa Turut Berkomentar. Mari bangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina, SARA dan Spam, berikan Jempol Bawah, sebagai tanda "TIDAK SUKA" dan untuk Komentar yang baik berikan Jempol Atas sebagai tanda β€œSUKA”.

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s