Tutorial Blogger Pemula| Cara Meningkatkan Traffic dan Ranking Blog

traffic-websiteTutorial ini di tujukan hanya kepada Blogger Pemula yang ingin mengetahui cara Meningkatkan Traffic dan Ranking Blog/Website. Tidak bisa kita pungkiri salah satu alasan utama orang membuat blog adalah untuk menyampaikan informasi, berbagi pengetahuan maupun hasil karya pribadi atau kelompok agar di ketahui oleh orang banyak dan mendapatkan respon. Bagaimana semua itu bisa tercapai kalau traffic atau kunjungan ke blog kita rendah? Untuk itulah saya ingin sedikit berbagi informasi sebatas pengetahuan dan pengalaman kami dalam meningkatkan traffic ke blog ini, dengan harapan agar bermanfaat bagi teman teman blogger lainnya terutama Blogger Pemula. Sebelumnya Saya ingin bercerita sedikit mengenai Blog ini. Blog www.dasanbaru.wordpress.com ini Saya buat pada bulan November 2009 menggunakan Handpone Sony Ericsson K750i. Kebayang kan bagaimana nge-blog menggunakan HP seperti itu yang hanya memungkinkan kita untuk menulis  sampai 100 karakter (Hurup saja). Dari tahun 2009 sampai awal tahun 2011, Blog ini hanya berisi beberapa tulisan pendek saja dan traffic-nya hanya berkisar antara 100-200 per hari Saja. Namun PR atau Google rankingnya cukup baik yaitu Google Rank #3 akan tetapi Alexa Ranking-nya >20 juta-an. hehe….. Kembali ke Cara Meningkatkan Traffic Blog atau Website; Gambar berikut menunjukkan Real Statistic Blog ini dari bulan October hingga November. Kalau kalian perhatikan, Traffic-nya di awal bulan October dan hingga minggu kedua November sangatlah rendah. Berkisar sekitar 100 – 500 daily views. Namun Angka itu secara perlahan meningkat hingga mencapai Angka yang sangat signifikan pada pertengahan Bulan November, dimana daily pageviews blog ini mencapai angka rata rata 12.000-an. Cukup baik bukan?

how-to-increase-website-traffic

Berikut langkah langkah yang telah kami lakukan untuk meningkatkan traffic dan ranking Blog kami:

  • Memastikan Semua konten atau isi Blog terbuka untuk umum (Bukan Private) silahkan periksa visibility blog kalian.
  • Mengutamakan tulisan sendiri walaupun hanya sedikit tetap lebih baik dari pada COPAS (Copy & Paste). No Duplication! Karena biasanya mesin pencari akan malas meng-indeks tulisan yang sudah di terbitkan oleh situs lain yang pastinya sudah ter-indeks sebelumnya.
  • Pemilihan Topik yang menarik. Hal ini bisa di lakukan dengan memilih hal hal yang informative, karena pada dasarnya semua orang sangat suka di berikan informasi.
    • Catatan: “Menulis dengan menggunakan bahasa Ilmiah maupun formal pastinya sangat luar biasa, tetapi zaman sekarang kebanyakan orang lebih menyukai hal hal yang di sampaikan menggunakan bahasa yang ringan dan santai“. Mungkin hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan kalau kalian ingin mengejar traffic atau pengunjung blog atau website.
  • Pada isi tulisan, sejumlah kata tertentu yang kita yakini sebagai pokok atau inti dari tulisan bisa kita Bold atau kita cetak miring.
  • Tambahkanlah gambar atau photo pada setiap artikel agar lebih menarik sebagai bentuk penjelasan Visual.
  • Gunakanlah Tag atau Keyword yang baik untuk setiap tulisan. Tag yang baik berdasarkan apa yang pernah saya baca adalah dengan memilih kata kata yang paling kuat mengindikasikan isi tulisan. Contohnya pada tulisan ini kami akan memilih Tag: Panduan Blogger Pemula, Traffic Blog, Ranking Blog. Kemudian selain tag kita juga bisa menambahkan query seperti: Cara Meningkatkan Traffic Blog, Cara Meningkatkan Ranking Website. Sebaiknya jumlah Tag dan Query dari setiap tulisan tidak lebih dari 5 macam. Hal yang paling mudah untuk menentukan query adalah dengan memikirkan kalau kita pada posisi sebagai net surfer, kira kira kata kunci apa yang paling pas untuk kita ketikkan di mesin pencari (Search Engine) agar kita mendapatkan informasi atau tulisan yang benar benar kita inginkan.
  • Pemberian Label atau kategori. Label atau Kategori sebaiknya merupakan tema utama tulisan. Misalnya untuk tulisan ini kami akan memberi label atau kategori: Tutorial Blog atau Tips Blogging
  • Menyisipkan sejumlah Quality Link untuk memperjelas keterangan akan suatu kata atau nama yang tertera di dalam tulisan. Misalnya jika di dalam Tulisan ada nama Kota atau Negara, ada baiknya kita sisipkan link Google map untuk nama nama tersebut tetapi jangan berlebihan karena eksternal link atau out bound link yang terlalu banyak dan tidak relevance sangatlah tidak baik.Untuk lebih mempermudah, aktifkan saja Zemanta melalui blog anda. Caranya masuk ke Dashboard-Pengguna-Personal Setting-Additional Post Content/ Zemanta (Centanglah kolom aktifkan zemanta di paling bawah halaman pengaturan pribadi)-Simpan perubahan.
  • Berusahalah untuk lebih interaktif dengan setiap pengunjung Blog. Balaslah setiap komentar yang di tinggalkan oleh pengunjung.
  • Blog Walking atau berkunjung ke Blog yang ramai akan sangat efektif untuk membantu traffic dengan catatan tinggalkanlah Komentar di setiap Blog yang di kunjungi agar bisa ikut terhubung dengan para Blog Walker lainnya. Logikanya kalau kita berada di tempat ramai otomatis akan banyak orang yang melihat kita. Selain itu secara otomatis kita akan mendapatkan tambahan Link ke Blog kita.
  • Sukai atau Ikuti Blog Blog yang memiliki Ranking dan Traffic yang bagus.
  • Saling bertukaran Link adalah cara yang paling di sukai para blogger untuk mendapatkan tambahan Backlink.
  • Mendaftarkan Blog ke Directory Blog seperti Technorati, Blogger, Saling Silang, WPTopsites dan sebagainya. Hal ini sangat baik untuk menjalin koneksi dengan para Blogger lain yang juga terdaftar dalam direktori tersebut.
  • Menambahkan aplikasi widget seperti Flag Counter, Url Monitor, Chat Box juga cukup membantu meningkatkan Traffic Blog. Tetapi Third Party Application (Directory, widget, banner tertentu yang berasal dari Situs/Blog lain) hendaknya jangan terlalu banyak karena akan di nilai sebagai out bound berlebih yang bisa mempengaruhi indeksing, bad reputation dan ranking Blog.
  • Bergabunglah dengan Forum baik di WordPress maupun Forum Lain seperti kaskus dan promosikan tulisan sebagai thread atau post.
  • Auto-connect blog dengan semua social Media yang kita ikuti seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan Linkedin agar semua relasi atau teman kita di situs jejaring tersebut bisa ikut melihat update blog kita. Caranya: Dashboard-Pengaturan-Sharing-Klik Connect kemudian ikuti petunjuknya. Cara ini salah satu yang paling efektif menjangkau semua teman kita di jejaring social secara otomatis.
  • Aktifkan Social Media Share Button (Tombol berbagi) di setiap Post agar semua  pembaca bisa ikut membagikan semua post yang mereka sukai di Blog kita. Shara Button yang paling banyak di gunakan adalah Press this, Facebook, Twitter, Tumblr dan Stumbled Upon. Untuk mengaktifkannya tinggal masuk ke Dashboard-Pengaturan-Sharing-Share Button-Drag jenis share button yang ada di available services ke bawah (Enabled services) –Simpan perubahan.
  • Aktifkan/Pasang Webmaster Tools seperti Yahoo Webmaster Tools, Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools. Caranya: Dashboard-Tools/Peralatan-Available Tools. Untuk bisa mengaktifkannya kita harus terlebih dahulu mendapatkan meta tag dari masing masing webmaster tools tersebut. Jika kita sudah memiliki akun/email yahoo, msn dan google tinggal Klik pada link nama masing masing yang ada pada halaman webmaster tools verification dan ikuti petunjuknya.
  • Aktifkan Google Analytics jika kalian pengguna Blogspot atau WordPress berbayar.

Semoga informasi ini bermanfaat buat teman teman pemula lainnya.

About these ads

About DSB Channel

Online News | Social Media | SEO

217 thoughts on “Tutorial Blogger Pemula| Cara Meningkatkan Traffic dan Ranking Blog

  1. Mantab sarannya gan..,
    kalau ada yg membutuhkan Produk Tupperware Malaysia dan Indonesia bisa mampir ke blog saya, agatatupperware.wordpress.com discount 20% utk produk Tupperware Indonesia…., #salamblogger

    Like

PEDOMAN KOMENTAR: Silahkan Masuk Menggunakan Akun WP, Facebook atau Twitter anda Untuk Bisa Turut Berkomentar. Mari bangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina, SARA dan Spam, berikan Jempol Bawah, sebagai tanda "TIDAK SUKA" dan untuk Komentar yang baik berikan Jempol Atas sebagai tanda “SUKA”.

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s