TUTORIAL| CARA MUDAH MEMASANG READ MORE DI POSTING BLOG

Memasang read more (Baca selengkapnya/continue reading) di postingan blog sebenarnya cukup sederhana. Karena baik WordPress maupun Blogspot sudah menyediakan feature ini di setiap halaman post baru. Tapi bagi sejumlah pemula mungkin ini sesuatu yang cukup membingungkan.

Semua orang pasti pernah mengalami kebingungan bagaimana memasang ini, bagaimana memasang itu? Siapa yang tidak pernah??

Anyway untuk sahabat Blogger pemula ada beberapa cara untuk menambahkan read more di artikel atau tulisan blog.

Diantaranya melalui edit HTML (CSS) dengan menambahkan kode Html yang harus dipasang setelah </body> tag pada halaman edit template (Theme). Hal ini bisa di lakukan pada blog yang di host oleh Blogger (Blogspot). Bagaimana dengan WordPress Dot Com?

Sepertinya hal itu tidak mungkin dilakukan di WordPress Dot ComΒ  mengingat kita tidak di izinkan untuk meng edit CSS.

Tetapi sebenarnya kita tidak perlu melakukan cara diatas, karena baik WordPress Dot Com maupun Blogspot sudah menyediakan menu Read More tersebut langsung di halaman Post yang tinggal kita Klik setelah memilih posisi yang tepat untuk menambahkan Read More pada waktu menulis artikel/post (ini berlaku untuk Blogspot). Perhatikan gambar berikut:

Tanda yang kami lingkari dengan warna merah adalah menu Jump Break yang bisa kita klik setelah menentukan posisi dimana kita mau membatasi isi tulisan agar menjadi Read More. Sederhana bukan?

Untuk WordPress Dot Com bahkan lebih sederhana lagi karena WordPress secara otomatis menentukan batasan tulisan untuk di tampilkan sebagai umpan jika kita mau menambahkan feature Read More. Caranya tinggal centang Gallery seperti pada gambar berikut. Maka otomatis akan menjadi Read More pada halaman blog anda.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

11 thoughts on “TUTORIAL| CARA MUDAH MEMASANG READ MORE DI POSTING BLOG

  1. hmmm…. terima kasih om atas pencerahannya.. gara2 pake ngutak-ngatik HTML-nya, blog saya jadi amburadul, untung om mau berbagi ilmu buat kami yang pemula…. sekali lagi terima kasih ya om… lanjutkan berbagi ilmu yang bermanfaat buat sesama…

    Like

PEDOMAN KOMENTAR: Silahkan Masuk Menggunakan Akun WP, Facebook atau Twitter anda Untuk Bisa Turut Berkomentar. Mari bangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina, SARA dan Spam, berikan Jempol Bawah, sebagai tanda "TIDAK SUKA" dan untuk Komentar yang baik berikan Jempol Atas sebagai tanda β€œSUKA”.

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s