TIPS HARI INI| MENGUKUR KEKUATAN KEY WORD [TAG] DALAM TULISAN

Selamat sore sahabat Blogger. Hari ini kami ingin berbagi sebuah Tips sederhana tentang Cara Mengukur Kekuatan Keyword atau Tag atau Query dalam sebuah  Tulisan/Post/Artikel.

Sebelumnya kami ingin bertanya. Untuk apa anda menulis? Untuk siapa anda menulis? Apakah tulisan tulisan anda berhasil menjangkau sasaran?

Mungkin banyak Sahabat Blogger yang menulis karena kegemaran, Ingin mengasah kegemaran tersebut atau sekedar ingin berbagi informasi kepada yang lain seperti kami (Karena kami sendiri tidak pandai menulis tetapi mencoba belajar menulis dengan baik).

Untuk siapa kita menulis?

Sebagian orang mungkin menulis melalui Media Blog karena ingin mendokumentasikan data data yang di miliki tanpa ada maksud untuk membaginya dengan orang lain (Sebagai Storage saja). Sebagian orang lainnya mungkin menulis untuk di bagi dengan orang orang tertentu saja di dalam Jaringan Networknya (Shared only with specific network). Tetapi yang paling umum dan mungkin dilakukan oleh sebagian besar Sahabat Blogger adalah menulis untuk di bagi dengan orang lain sebagai bentuk upaya transfer informasi atau pengetahuan bahkan untuk komersialisasi sebuah karya tulisan.

Nah buat Sahabat Blogger yang menulis untuk di Konsumsi Pribadi atau untuk Orang orang tertentu di dalam Network-nya saja kami tidak ingin membahasnya disini. Karena mestinya Blog anda di Set Private saja agar tidak terpantau oleh orang lain dan tidak bakalan di indeks oleh Mesin Pencari. Yang ingin kami bahas disini adalah Sahabat Blogger yang memuat tulisan mereka untuk di baca oleh orang banyak.

Ada banyak sekali Sahabat Blogger yang mampu menulis dengan sangat baik tetapi kerap kali Tulisan tulisan mereka malah tidak di temukan oleh para Net Sufrer.

Kenapa bisa begitu?

Ada beberapa kemungkinan kenapa hal itu bisa terjadi salah satunya adalah karena Artikel/Post/Tulisan tidak ter-indeks dengan baik oleh mesin pencari (Search Engine) seperti Google, Bing, Yahoo, Ask dan sebagainya.

Kenapa tulisan yang baik bisa tidak terindeks?

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal terutama karena kurangnya kemampuan SEO (Search Engine Optimization). Kami sendiri hingga saat ini tidak begitu mengerti dengan Trik Trik SEO yang baik itu. Tetapi kami mengetahui salah satu bagian penting dalam SEO itu adalah dengan menempatkan/menggunakan  Keyword atau Kata Kunci atau Tag atau Query yang paling tepat dalam setiap Tulisan atau Post.

Bagaimana Menentukan Keyword yang tepat agar Tulisan Ter-Indeks dengan Baik Oleh Mesin Pencari (Search Engine)?

Pertanyaan ini sangat sulit bagi kami. Tetapi kami akan mencoba membagi apa yang kami ketahui saja.

Mengenati Pemilihan Tag atau Keyword  Yang baik pernah kami bahas sebelumnya di Artikel Kami yang berjudul PANDUAN CARA MENINGKATKAN RANKING DAN TRAFFIC BLOG BUAT BLOGGER PEMULA.

Tetapi kembali kami tekankan Pemilihan Keyword atau Tag atau Kait Kata atau Juga Query hendaknya merupakan Kata Inti yang merepresentasikan seluruh isi tulisan sepenuhnya.

Key Word bisa terdiri atas satu kata, dua kata, tiga kata dan seterusnya. Tetapi menurut kami Keyword sebaiknya tidak lebih dari 3 kata dan jumlah Keyword yang di gunakan untuk sebuah tulisan hendaknya tidak lebih dari 10 macam.

Sebenarnya setiap tulisan yang kita muat sudah pasti akan mengalami proses Indeksing oleh pencari pencari, tetapi masalahnya kalau hasil indeksing menempatkan Blog kita di nomer urut yang terlalu jauh maka akan sangat sulit untuk para pembaca menemukan tulisan kita.

Tulisan sudah pasti akan mudah di jangkau oleh orang lain jika berada pada halaman pertama mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dsb. Apalagi kalau bisa bercokol di urutan teratas.

Untuk bisa mencapai itu tentunya akan cukup sulit apalagi kalau Tulisan yang kita muat mengenai sesuatu yang bersifat sangat general sehingga pastinya memiliki pesaing yang banyak pula.

Contohnya beberapa Artikel Kami memiliki Keyword dengan Tingkat Kompetitor yang cukup tinggi diantaranya: Alexa Rank Widget  (440 Juta pesaing), Facebook Timeline  (330 Juta Pesaing), Malaysia Open 2012  (245 juta pesaing), Feedjit  (74 juta pesaing), Sea Games 2011  (80 juta pesaing).  Untungnya tulisan tulisan tersebut memiliki Keyword yang berhasil menempatkannya di urutan teratas mesin pencari Google sehingga bisa menjangkau sebagian besar orang yang membutuhkan informasi tentang hal tersebut.

Hasil indeksing dari mesin pencari juga akan mengalami in and out. Dimana posisi tulisan kita bisa turun bisa naik. Bisa tetap di halaman pertama atau bisa juga terlempar ke halaman yang sulit terjangkau. Tetapi kalau sempat berada di halaman pertama pasti hasilnya akan baik dan jika semakin banyak yang memilih tulisan kita biasanya peluangnya untuk tetap berada pada halaman pertama semakin besar.

Jadi intinya, Tulisan yang baik tetapi tidak optimal dalam pemilihan Keyword akan sulit menembus halaman pertama mesin pencari yang berarti akan sulit juga bisa terbaca oleh orang lain. Sebaliknya Tulisan yang biasa biasa saja tetapi memiliki Keyword yang baik justru bisa berhasil nongkrong di halaman pertama.

Dari sini kita bisa menilai betapa pentingnya memilih Keyword yang tepat untuk setiap Tulisan atau Artikel.

Ada sebuah kebiasaan yang kami suka lakukan sebelum benar benar menentukan Keyword atau Tag di setiap tulisan kami yaitu Mengukur Kekuatan Keyword.

Hal ini kami lakukan dengan memasukkan masing masing Keyword atau Tag yang sudah kami siapkan ke mesin pencari Google untuk mengetahui tingkat persaingannya.

QUOTE:

Semakin tinggi Tingkat Persaingan, semakin kecil peluang untuk menang sebaliknya Semakin rendah Tingkat Persaingan semakin besar pula peluang untuk menang.

Kemenangan dari sebuah persaingan besar pastinya akan menghasilkan kesuksesan yang jauh lebih besar.

Apalah arti dari sebuah kemenangan jika hanya bersaing dengan diri sendiri. (Alfath).

Kenapa harus takut bersaing?

Setelah melakukan pengujian Keyword, kami biasanya akan memilihnya berdasarkan tingkat persaingan tersebut. Selain memilih Keyword yang tingkat kompetitornya rendah, kami juga akan memilih yang tingkat kompetitornya tinggi dengan harapan setiap keyword yang kami pasang bisa bersaing di setiap level persaingan.

Tinggi rendahnya tingkat persaingan menunjukkan tingkat popularitas dari Topik yang kita bahas di dalam tulisan.

Kalau sebuah Keyword yang kita pasang ternyata tidak memiliki pesaing, untuk apa dipakai. Walaupun pastinya akan bercokol di nomer satu pada mesin pencari,  tetapi Nomer satu dari satu orang peserta kan tidak ada artinya.😀

Sahabat Blogger, setelah menentukan Tag atau Keyword yang mau di pasang ada baiknya juga Kata kata yang akan menjadi Keyword tersebut kita Bald di dalam Tulisan.

Sebaiknya Keyword itu merupakan kata kata yang kita munculkan di alenia pertama tulisan dan Alenia terakhir. Usahakan untuk menghindari penggunaan Keyword atau Tag yang sama dengan judul Kategori atau Label karena biasanya akan terhitung bertubrukan.

Sahabat blogger bisa Mengukur sendiri Keyword atau Tag dari tulisan sahabat blogger dengan cara memasukkan masing masing Keyword ke dalam Mesin Pencari (Search Engine), seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Yang kami kurung dengan warna merah adalah Keyword. Sedangkan yang di lingkari dengan warna hijau adalah jumlah pesaing dan yang kami garis bawahi adalah contoh posisi dari Tulisan kami yang di rujuk oleh Keyword tersebut pada halaman mesin pencari atau Search Engine. Sedangkan yang di cetak tebal adalah Keyword itu sendiri.

Keberhasilan sebuah Keyword menduduki posisi teratas pada mesin pencari pastinya akan memberikan impact atau imbas yang besar pada tingkat Traffic (Kunjungan) ke Blog sekaligus dalam system perankingan Blog.

Selain mengukur sendiri di mesin pencari Google, Sahabat Blogger juga bisa menggunakan situs SEO Analyst untuk mengetahui daftar keyword yang menjadi tolak ukur keberhasian Blog Sahabat Blogger dalam menjaring Traffic maupun meningkatkan Ranking Blog. Hal ini bisa Sahabat Blogger periksa melalui site info di Alexa.

Demikian sekilas mengenai Cara Mengukur Kekuatan Keyword [TAG] dari kami, semoga bermanfaat bagi Sahabat Blogger Pemula. Buat Sahabat Blogger Senior kami mohon kritik, saran serta masukannya.

5 thoughts on “TIPS HARI INI| MENGUKUR KEKUATAN KEY WORD [TAG] DALAM TULISAN

PEDOMAN KOMENTAR: Silahkan Masuk Menggunakan Akun WP, Facebook atau Twitter anda Untuk Bisa Turut Berkomentar. Mari bangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina, SARA dan Spam, berikan Jempol Bawah, sebagai tanda "TIDAK SUKA" dan untuk Komentar yang baik berikan Jempol Atas sebagai tanda “SUKA”.

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s