Cara Menambahkan Social Media Button Pada Konten Blog

Peran Social media dalam kehidupan kita semakin besar tidak hanya sebagai sarana komunikasi sehari sehari, tetapi juga berperan penting sebagai media komunikasi antara para pengelola situs atau blog dengan pembaca atau pengunjung setia mereka.

Untuk mempermudah para pengunjung blog atau situs untuk membagikan konten yang mereka baca kepada teman teman mereka di social media yang mereka gunakan, ada baiknya para pengelola situs atau blog menambahkan Social Media Button di Blog atau website mereka.

Khusus untuk pengguna Blog WP.com caranya sangatlah sederhana yaitu dengan membuka Dashboard kemudian ke pengaturan lalu pilih Sharing.

Pada halaman Sharing sudah tersedia sejumlah Social Media seperti Facebook, Twitter, Linked In, Tumblr., Yahoo! dan sebagainya.

Seperti yang tampak pada gambar berikut:

Pada gambar diatas terdapat empat buah Social Media. Dua sudah dalam status Connected dan dua lagi dalam status disconnected. Nah yang perlu kita lakukan adalah untuk mengkoneksi Blog atau Situs yang kita kelola dengan social media yang kita gunakan. Caranya adalah dengan meng-klik masing masing Social Media tersebut dan mengikuti petunjuk yang tersedia pada halaman pop up yang biasanya berisi permintaan izin dari Blog atau website untuk mengakses sebagian data dari Social Media yang kita gunakan tersebut.

Agar Social Media button tidak terlalu rame di blog atau situs, ada baiknya kita memilih beberapa saja sesuai dengan kebutuhan. Untuk menambahkan Social Media untuk di tampilkan di Blog atau mungkin untuk menyembunyikan Social media Button yang tidak di inginkan, perhatikan gambar di bawah ini.

Kelebihan dari Social Media Button ini adalah untuk mempermudah para pembaca membagi konten yang mereka sukai kepada teman teman mereka di Social Media hanya dengan menekan tombol Suka pada Facebook Button atau Tweet untuk Twitter Button, google Β begitu juga yang lainnya. Selanjutnya teman teman mereka di Social Media tinggal menekan Suka pada Link konten yang terdapat pada Facebook atau Me-Retweet Link yang terdapat di Twitter. Setiap Klik atau Tweet akan di hitung secara otomatis pada Social Media Button yang terdapat pada Blog atau Situs.

Hal ini juga bisa membantu menambahkan jumlah pengunjung Blog atau situs yang kita kelola.

Gambar diatas adalah gambar dari salah satu post di blog ini yang mendapat 919 likes di facebook dan 2 Tweets.

2 thoughts on “Cara Menambahkan Social Media Button Pada Konten Blog

PEDOMAN KOMENTAR: Silahkan Masuk Menggunakan Akun WP, Facebook atau Twitter anda Untuk Bisa Turut Berkomentar. Mari bangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina, SARA dan Spam, berikan Jempol Bawah, sebagai tanda "TIDAK SUKA" dan untuk Komentar yang baik berikan Jempol Atas sebagai tanda β€œSUKA”.

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s